Artikel ini membahas ihwal bahan kelas 3 Sekolah Menengah Pertama ihwal "Kesebangunan" dan juga merumakan kelanjutan dari artikel aku sebelumnya yang berjudul Tips Panjang Sisi pada Bidang Sebangun.
bahan yang tersaji dalam artikel ini maupun artikel sebelumnya sebagian memberikansi tips-tips mudah dalam mengerjakan soal. Penggunaan tips mudah tersebut sama sekali tidak bertujuan untuk menciptakan siswa bodoh alasannya yaitu tidak memahami inti bahan yang disampaikan. Tujuan penggunaan tips mudah dalam penyelesaian soal-soal ihwal kesebangunan ini bertujuan biar siswa sanggup mengerjakan soal-soal kesebangunan yang sering muncul dalam ujian semester maupun UAN dengan cepat.
Sehingga berharapnya akan menambah iktikad diri siswa tersebut dalam mengerjakan soal-soal yang lainnya alasannya yaitu beliau sudah mentpendapat salah satu soal dengan cepat dan tepat. Selain itu waktu yang dimiliki siswa dalam mengerjakan soal ujian menjadi ludang kecepeh efisien alasannya yaitu sebagian soal telah dikerjakan dengan cepat memakai tips-tips mudah tersebut.
Sehingga berharapnya akan menambah iktikad diri siswa tersebut dalam mengerjakan soal-soal yang lainnya alasannya yaitu beliau sudah mentpendapat salah satu soal dengan cepat dan tepat. Selain itu waktu yang dimiliki siswa dalam mengerjakan soal ujian menjadi ludang kecepeh efisien alasannya yaitu sebagian soal telah dikerjakan dengan cepat memakai tips-tips mudah tersebut.
Rumus Air Mancur dalam Segitiga Sebangun
Coba kalian perhantikan sketsa rumus memberikankut ini :
Coba kalian perhatikan...... garis2 yang warnanya sama dikalikan dan yang garisnya dobel berarti dikuadratkan. Perkalian garis2 yang sewarna tersebut sama risikonya dengan warna yang lainnya. arah panah garis yang berwarna oranye selalu menuju ke sisi miring segitiga siku2.
untuk rumus2 yang aku sajikan dengan gambar menyerupai rumus di atas tidak penting untuk mengingat nama2 abjad yang tertera pada titik2 sudutnya (misal AB, AD, BC dll) alasannya yaitu lain soal nama2 titik sudutnya pun bisa berbeda. Namun bagan2 garis yang dipakai untuk mengingat rumus tidak akan berubah.
Coba perhatikan teladan soal memberikankut ini.... dan carilah evaluasi x, y dan z :
AD2 = DC . DB
122 = 16.X
122 : 16 = X
X = 144 : 16 = 9
Kaprikornus evaluasi x = 9 cm
contoh lainnya......
untuk soal yang ini aku kerjakan pribadi :
y2 = 16 . (16 + 9)
y2 = 400 maka y = 20 cm
z2 = 9 . (9 + 16)
Rumus Segitiga Sebangun Lainnya......
untuk soal menyerupai di bawah ini tidak bisa dikerjakan dengan rumus mudah di atas...... nah unutk soal2 menyerupai inilah kalian harus memahami konsep dasar ihwal perbandingan dalam kesebangunan :
coba carilah panjang DE .......?
ingat untuk soal ini tidak sanggup dikerjakan dengan rumus air mancur di atas...juga tidak bisa dikerjakan dengan perbandingan sisi segitiga sebangun yang disampaikan pada artikel sebelumnya.
tapi jangan khawatir..... pada prinsipnya asal kedua berdiri merupakan segitiga sebangun maka sanggup dibentuk perbandingan sisi2 yang bersesuaian. Untuk kememperringan dan sepelean dalam mengerjakan soal pisahkanlah antara gambar segitiga besar dengan segitiga kecil
Advertisement